Membuat custom function untuk BIRT reporting

BIRT merupakan reporting open source yang berbasiskan pada Eclipse. Kehandalannya sudah tidak perlu di ragukan lagi,.. bagaimana tidak, sebuah software ERP yang cukup terkenal pun ( maximo ) saat ini telah membundle aplikasinya dg BIRT. Bagi rekan2 yang ingin tahu lebih jauh tentang BIRT bisa mengunjungi website nya di sini.

Kali ini kita mencoba membuat suatu custom function (fungsi terbilang spt yg pernah sy bikin dg javascript tp di convert ke java version) utk report BIRT kita.

  1. pertama, unduhlah fungsi terbilang versi java di sini.
  2. Compile lah hingga menjadi java class.
  3. Jika anda menggunakan BIRT designer, copy kan java class di BIRT viewer plugin. letakkan di folder birt/WEB-INF/classes subfolder. jangan lupa menggunakan nama folder yg serupa spt package source nya. Cara kedua, letakkan di folder birt/scriptlib subfolder tapi dalam bentuk file jar
  4. Untuk menggunakannya di report kita, anda tinggal memanggilnya spt contoh berikut pada expression builder


importPackage(Packages.com.mycompany.myreport);
var o = new ToWords(row["total"]);

“Says: “+o.toWords();

Simple bukan…??? nah skr Anda bisa membuat custom fungsi apa saja utk BIRT reporting anda…

🙂


Koneksi Internet di Ubuntu 8.10 Lewat Bluetooth K550i

wah.. lega juga akhirnya, sudah sekian lama browsing sana sini, googling ngalor ngidul baru td sore ktemu caranya buat ngoneksikan bluetooth K550i dg laptop Compaq CQ40-108TU buat ngenet gprs via kartu 3. Dan tulisan ini pun tulisan perdana saya lewat koneksi “gigi biru” ini.

Bagi rekan2 yang juga pernah mengalami persoalan yg sama, bisa di lihat di sini:

http://tekkomerz.wordpress.com/2008/03/12/internet-gprs-dengan-bluetooth-modem-di-ubuntu/

Thanks buat guru2 di blog itu …. 🙂 keep move on…


CodeIgniter + ExtJS Grid

Perkembangan framework PHP yang bikin gelagapan ngikutinnya plus framework Javascript yang keren abiss.. (ExtJs) Jadi kepikiran pengen jadikan ExtJs sbagai view utk framework PHP yang berbasis MVC (Model View Controller)…

Contoh yang sy bikin, CI nya sy generate menggunakan CodeCrafter

Idenya sederhana kok, cuma mungkin belum se efektif yang saya harapkan. Pertama, kita perlu membuat template view yang akan meload main script dari ExtJS (spt. ext-base.js, ext-all.js…), kemudian kita setting script utk grid dg dataStore menggunakan array data. Seluruh data dan column di grid akan di create seketika saat user mamanggil suatu controller.

Utk mencoba contoh yang sy include kan… lakukan langkah2 berikut:

  1. buatlah database librarian, spt yang ada di librarian.sql
  2. Extract librarian.zip ke folder <www_root>\<CI_root>\System\Application\<librarian>\
  3. Jangan lupa membuat index_app.php khusus utk sub aplikasi ini. (utk membuat index_application, bacalah manual CI )

Utk menyobanya, ketikaan di address bar browser anda :

http://localhost/<ci_root>/index_app.php/

ext-ci

Files:
ext-ci-grid.zip


Fungsi terbilang : Javascript

Pengen punya fungsi terbilang kayak yang ada di Crystall Report (function toWords), tp dalam versi JavaScript. Karena ntar nih script mo sy gunakan untuk bikin report di BIRT…

Bolak-balik browsing belum nemu yang cucok yah terpaksa bikin dewe yang tau logic and kebutuhannya… jadi hasilnya kayak gini neh…

Lanjutkan membaca


ExtJs – Cross Domain Request

Sudah 2 hari ngalor ngidul buka-buka’an eh.. maksudnya baca2 forum nya ExtJs, akhirnya saya baru paham bagaimana sih sebenarnya proses request crossdomain itu terjadi khususnya jika kita menggunakan teknik one-off request ke suatu server yang berbeda dari tempat script kita berada… Puihss…lega juga rasanya…

Lanjutkan membaca


Installasi Adobe Air SDK

air_icon_specialProses installasi Adobe Air SDK sebenarnya cukup gampang. Sebelumnya, unduhlah dahulu Adobe Air SDK dari sini.

Pada post kali ini, sy mencoba meng-setup Adobe Air SDK versi windows. Ekstrak lah file yang telah di unduh itu di folder “terserah_anda”.

Lanjutkan membaca


Grid Filter Sederhana – ExtJs

Tertarik melihat model grid pada aplikasi Maximo, sy mencoba membuat grid filter sederhana yang mirip dengan yang ada di Maximo menggunakan ExtJs.

Lanjutkan membaca