Category Archives: serba-serbi

Intranet Single Sign On Menggunakan Active Directory Account 1

Pren semua… lama ga nge-blog. Nah hari ini saya mau mencoba menjelaskan bagaimana kita bisa membuat sebuah sistem single sign on (SSO) di aplikasi Intranet kita, plus SSO tsb harus terkoneksi ke akun Active Directory sehingga setelah user tidak lagi perlu mengingat banyak password utk setiap aplikasi intranet yang ada, karna user hanya perlu mengingat password login ke komputernya yg dalam hal ini di asumsikan menggunakan Active Directory.

SSO sistem ini bukanlah hal yang asing khususnya bagi rekan2 yang saban harinya memainten segala macam aplikasi intranet. Atau saya yakin rekan2 juga pengguna salah satu aplikasi layanan dari paman Google, coba kita perhatikan baik2.. setiap aplikasi yang membutuhkan user security kita di Google.com otomatis kita akan di bawa ke suatu halaman yang mana setelah kita login akan di teruskan kembali ke halaman semula yg kita tuju. Artinya adalah, Google.com memberikan kita kemudahan agar tidak selalu membuat akun yang baru utk setiap layanan yang ia tawarkan, hanya dengan menggunakan salah satu akun yg pernah kita punya, spt akun email.

SSO sistem sendiri pengertiannya adalah :

Single sign-on (SSO)is a session/user authentication process that permits a user to enter one name and password in order to access multiple applications. The process authenticates the user for all the applications they have been given rights to and eliminates further prompts when they switch applications during a particular session

Yang kira2 klo di terjemahin jadi

proses otentikasi pengguna/session yang mengijinkan pengguna untuk memasukkan nama & password dalam upaya mengakses sejumlah aplikasi. Proses mengotentikasi pengguna untuk semua aplikasi yang sesuai dg hak  akses yg diberikan dan menghilangkan (proses otentikasi ulang) lebih lanjut ketika mereka beralih antar aplikasi selama sesi meraka belum berakhir

SSO sistem sendiri sesungguhnya sudah sangat umum kita jumpai di internet, coba saja rekan2 googling dengan kata kunci “Single Sign On”, berjubel link yang mengarah kesuatu software SSO baik free maupun berbayar dapat kita temukan. Namun kali ini kita akan coba membuat SSO made-in-dewe dengan asumsi intranet yang kita miliki scope nya tidak cukup besar, tidak  terlalu mengawatirkan security issue  karena data-data penting tidak terekspos di intranet dan terakhir sebagai bahan eksperimen agar lebih memahami prinsip2 SSO secara sederhana hehehe… (ini neh point utama nya, kapan lagi punya kesempatan gini… !!???).

Karena akan menjadi sangat panjang penjelasannya, akan saya bagi dalam beberapa post. Di  post selanjutnya akan kita bahas skema dasar sistem SSO yang akan kita buat.


Fungsi terbilang : Javascript

Pengen punya fungsi terbilang kayak yang ada di Crystall Report (function toWords), tp dalam versi JavaScript. Karena ntar nih script mo sy gunakan untuk bikin report di BIRT…

Bolak-balik browsing belum nemu yang cucok yah terpaksa bikin dewe yang tau logic and kebutuhannya… jadi hasilnya kayak gini neh…

Lanjutkan membaca


Installasi Adobe Air SDK

air_icon_specialProses installasi Adobe Air SDK sebenarnya cukup gampang. Sebelumnya, unduhlah dahulu Adobe Air SDK dari sini.

Pada post kali ini, sy mencoba meng-setup Adobe Air SDK versi windows. Ekstrak lah file yang telah di unduh itu di folder “terserah_anda”.

Lanjutkan membaca


10 Hal yang Harus Dikerjakan Setelah Instalasi Ubuntu 8.10

(di tulis ulang dari : http://www.dailygyan.com/2008/11/10-things-you-should-do-immediately.html)

Release terbaru yang dikeluarkan dari distirbusi Ubuntu berkode Intrepid Ibex (Ubuntu 8.10). Anda dapan mengunduhnya di sini atau pun mendapatkan kiriman CD gratisnya.

Lanjutkan membaca


JSMin generator menggunakan Command Batch

Beberapa proyek yg sy bikin, berbasis pada JavaScript… Dan untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi berbasis web di client, salah satu tips nya adalah me-minimized js script yg di download oleh browser.

Lanjutkan membaca


ELO – Tidak bisa mengopy dokumen ke server

elo

ELO, Document Management System yang di gunakan di tempat sy bekerja sudah 3x ini membuat pusing 7 keliling dengan error message – nya yang ga jelas sumber dan solusinya…

Lanjutkan membaca


Instalasi Ubuntu Intrepid Ibex 8.10 di Compaq CQ40 108TU

ubuntu-circleMenginstall Ubuntu di laptop ini jauh lebih gampang ketimbang menginstall Windows XP. Topik ini saya kemukakan bagi rekan2 yang kesulitan menginstall Windows XP di laptop ini mungkin memiliki keinginan berpaling ke OS Linux yang mulai lebih friendly. Untuk master cd installasi nya bias diperoleh secara gratis di http://www.ubuntu.com, atau kalau tidak sabaran menanti kiriman CD nya, bias di unduh langsung di sana, yah paling enggak, butuh semalaman untuk menyelesaikan download ISO nya.

Lanjutkan membaca